Etika Menggunakan Gadget

jika kita lihat sekarang, anak-anak lebih menyukai peralatan permainan yang modern daripada permainan tradisional. Mengapa begitu karena anak-anak zaman sekarang diberikan pilihan yang lebih mudah dan menarik dalam jenis permainanya, yaitu melalui gadget.

Bahkan Ladies, beberapa anak yang sudah ketagihan gadget akan bisa menghabiskan waktunya seharian untuk bermain dengan mainan favoritnya tersebut. Beberapa orangtua mungkin beralasan ingin menyenangkan anak dengan memberikan gadget, apapun bentuk atau jenisnya. Tetapi hal itu sebenarnya adalah pilihan yang salah karena beberapa dampak negatif bisa saja menyerang si kecil.

Menurut earlytechnews.wordpress.com, anak kecil pada zaman sekarang bisa menghabiskan sebagian besar jam hari mereka dengan iPod, ponsel, TV, video game dan gadget teknologi lainnya. Bagi sebagian anak yang terkena demam gadget biasanya membuat dia sangat bersemangat jika pulang sekolah (karena ada gadget yang menunggu dia di rumah) dan sebaliknya, kurang bersemangat saat berangkat atau di sekolah (karena jelas, dia harus berpisah dari gadget kesayangannya!).

Dampak negatif yang paling sering terjadi pada anak yang kecanduan gadget adalah mempengaruhi keterampilan sosial dan pribadi anak-anak Anda. Hal ini terlihat bahwa anak muda mungkin menjadi ‘pakar SMS’, tapi miskin saat berkomunikasi secara nyata dengan cara bertatap muka. Anak-anak yang menghabiskan waktu berjam-jam menatap layar gadget biasanya mengeluh kurang konsentrasi pada studi dan kehilangan waktu tidur mereka.

Karenanya, kelebihan penggunaan elektronik dan gadget harus, dan wajib, dikontrol oleh orang tua. Anda juga wajib menentukan atau membatasi jam bermain anak Anda agar dia juga bisa melakukan aktivitas sosial lain seperti bermain.

 

Dampak Positif Dari Penggunaan Gadget

  1. Sebagai media komunikasi jarak jauh yang murah dan simple.
  2. Sebagai sumber informasi dalam mencari berita dan pengetahuan.
  3. Sebagai sarana hiburan jika sedang jenuh
  4. Sebagai media pembelajaran dan presentasi

Dampak Negatif Dari Penggunaan Gadget

  1. Memiliki radiasi yang sangat kuat yang tidak baik untuk kesehatan manusia.
  2. Berkurangnya interaksi social secara nyata.
  3. Berkurangnya keterampilan seorang anak dan kepribadian seorang anak
  4. Malas menulis dan membaca

Contoh Kasus Dampak Positif Penggunaan Gadget

Sebagai media pembelajaran disekolah dan playgroup yang telah diterapkan disalah satu negara. Dimana gadget digunakan untuk memperkenal alphabet dan huruf pada playgroup dan untuk anak sekolah ditampilkan dalam bentuk animasi, misalnya proses terjadinya fotosintesis.

Contoh Kasus Dampak Negatif Penggunaan Gadget

Banyak anak kecil yang sibuk sendiri dengan gadgetnya, sampai disuruh orang tuanya berhenti tidak mau berhenti sebelum batu baterainya dan membuat anak tidak mau bermain diluar.

 

Tentang wisnu ardiansyah

enjoy
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s