Pasar Monopoli ( Tulisan 2 )

  • Latar belakang

Tulisan ini membahas tentang pasar monopoli yang meliputi bagaimana tanggapan masyarakat tentang pasar monopoli begitu juga cirri-ciri dan bagaimana definisi tentang pasar monopoli secara rinci.

  • Perumusan masalah

–          Apa yang dimaksud dengan pasar monopoli ?

–          Ciri-ciri dan sifat pasar monopoli ?

 

  • Tujuan penelitian

–          Untuk mengetahui definisi dan informasi secara jelas tentang pasar monopoli.

–          Untuk mengetahui lebih rinci cirri-ciri dan sifat pasar monopoli.

 

  • Pembahasan

 

Pasar monopoli (dari bahasa Yunani: monos, satu + polein, menjual) adalah suatu bentuk pasar di mana hanya terdapat satu penjual yang menguasai pasar. Penentu harga pada pasar ini adalah seorang penjual atau sering disebut sebagai “monopolis”.

Pasar monopoli juga bentuk interaksi antara permintaan dan penawaran yang ditandai oleh adanya satu penjual/produsen dipasar berhadapan dengan permintaan seluruh pembeli atau konsumen.

Sebagai penentu harga (price-maker), seorang monopolis dapat menaikan atau mengurangi harga dengan cara menentukan jumlah barang yang akan diproduksi; semakin sedikit barang yang diproduksi, semakin mahal harga barang tersebut, begitu pula sebaliknya. Walaupun demikian, penjual juga memiliki suatu keterbatasan dalam penetapan harga. Apabila penetapan harga terlalu mahal, maka orang akan menunda pembelian atau berusaha mencari atau membuat barang subtitusi (pengganti) produk tersebut atau —lebih buruk lagi— mencarinya di pasar gelap (black market).

Ciri dan Sifat

Ada beberapa ciri dan sifat dasar pasar monopoli. Ciri utama pasar ini adalah adanya seorang penjual yang menguasai pasar dengan jumlah pembeli yang sangat banyak. Ciri lainnya adalah,

1.       tidak terdapatnya barang pengganti yang memiliki persamaan dengan produk monopolis.

2.      Adanya hambatan yang besar untuk dapat masuk ke dalam pasar. hanya ada satu produsen yang menguasai penawaran.

3.      Tidak ada barang subtitusi/pengganti yang mirip (close substitute).

4.      Produsen memiliki kekuatan menetukan harga.

5.      Tidak ada pengusaha lain yang memasuki pasar tersebut karena ada hambatan berapa keunggulan perusahaan.

Hambatan itu sendiri, secara langsung maupun tidak langsung, diciptakan oleh perusahaan yang mempunyai kemampuan untuk memonopoli pasar. Perusahaan monopolis akan berusaha menyulitkan pendatang baru yang ingin masuk ke pasar tersebut dengan beberapa cara; salah satu di antaranya adalah dengan cara menetapkan harga serendah mungkin.

Dengan menetapkan harga ke tingkat yang paling rendah, perusahaan monopoli menekan kehadiran perusahaan baru yang memiliki modal kecil. Perusahaan baru tersebut tidak akan mampu bersaing dengan perusahaan monopolis yang memiliki kekuatan pasar, image produk, dan harga murah, sehingga lama kelamaan perusahaan tersebut akan mati dengan sendirinya.

Cara lainnya adalah dengan menetapkan hak paten atau hak cipta dan hak eksklusif pada suatu barang, yang biasanya diperoleh melalui peraturan pemerintah. Tanpa kepemilikan hak paten, perusahaan lain tidak berhak menciptakan produk sejenis sehingga menjadikan perusahaan monopolis sebagai satu-satunya produsen di pasar

 

Monopoli yang Tidak Dilarang

  • Monopoli by Law

Monopoli oleh negara untuk cabang-cabang produksi penting bagi negara dan menguasai hajat hidup orang banyak.

  • Monopoli by Nature

Monopoli yang lahir dan tumbuh secara alamiah karena didukung iklim dan lingkungan tertentu.

  • Monopoli by Lisence

Izin penggunaan hak atas kekayaan intelektual.

 

Kerugian-kerugian yang disebabkan oleh pasar monopoli.

  1.  Ketidak adilan, karena monopolis akan memperoleh keuntungan diatas keuntungan normal.
  2. Volume produksi ditentukan oleh monopolis.
  3. Terjadi eksploitasi oleh monopolis terhadap konsumen dan pemilik faktor-faktor produksi.

 

Pemerintah dapat mencegah kergian-kerugian yang disebakan pelaku monopoli dengan cara berikut.

  1. Mencegah munculnya monopoli dengan undang-undang.
  2. Pemerintah mendirikan perusahaan tandingan yang mampu menyaingi monopolis.
  3. Membuka impor untuk barang yang diproduksi oleh monopolis.
  4. Campur tangan pemerintah dalam menentukan harga.

 

  • Kesimpulan

Pasar monopoli timbul akibat adanya praktek monopoli, yaitu pemusatan kekuatan ekonomi oleh satu pelaku usaha/penjual yang mengakibatkan dikuasainya produksi dan atau pemasaran atas barang dan jasa tertentu sehingga menimbulkan persaingan usaha tidak sehat dan dapat merugikan kepentingan umum.

 

  • Sumber

–          Google.com

–          Wikipedia

–          Tutorial kuliah online

 

Nama : Wisnu Ardiansyah

Kelas  : 2 KA 31

NPM   : 18110552

Tentang wisnu ardiansyah

enjoy
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s